Waktu mau nikah, kak Rani udah bisa masak?

Udah bisa masak belom?

    Tanya salah seorang adik ketika beliau berkesempatan untuk bersilaturrahim ke rumah (orang tua saya) beberapa waktu lalu.
    Ngggg.. adakah yang berfikir pertanyaan yang sama?
    Tentu adaa.. | Siapa? | Suami saya laaah. HhAha
    Tapi untungnya pertanyaan itu tidak ditanyakan ketika awal-awal ta’aruf sebelum menikah. Kalau ditanyakan saat itu.... *ga mau mikir*
***
    Alhamdulillah.. Allah itu Maha Tahu mana yang dibutuhkan oleh hamba-Nya. Seperti saya yang butuh suami yang ga menuntut istrinya untuk bisa masak, karena saya emang Ga BISA MASAK!!
    Ya pembaca, saya ga bisa masak.
    Dapur dan memasak adalah dua hal yang tidak akrab dengan saya (dahulu). Kenapa?
    Karena :
    1. .....
    2. .....
    3. dst..
    Sungguh, saya ingin beralibi agar ketidakbisaan saya dalam memasak ini bisa dimaklumi. Tapi punten, saya sedang belajar untuk tidak mengemukakan alasan, karena senantiasa beralasan adalah ciri orang yang ga bisa maju. #catet



*** 

    Lalu bagaimana kehidupan pernikahan saya setelahnya?
    Alhamdulillah..
    Saya beruntung, dapat suami yang tidak menuntut kesempurnaan pada istrinya. #Eha
    Iya serius. Beruntungnya saya Allah kasih suami yang begitu sabar menemani saya berproses. Beliau tidak menuntut saya untuk bisa masak. Tapi saya sadar, kalau saya ga bisa masak, akhirnya kesadaran itulah yang membuat saya mau untuk belajar.  #Serius
    Dulu... jauh-jauh hari sejak saya belum menikah, saya pernah berkomitmen bahwa KELAK, SUAMI DAN ANAK-ANAK SAYA, HARUS MAKAN DARI HASIL KREATIVITAS TANGAN SAYA SENDIRI.
    Berhasil?
    Belum.....

    Sekali lagi, saya beruntung. Suami saya bukan tipe lelaki yang menuntut tanpa mau membimbing. Beliau yang justru bisa masak, tak pernah mendikte saya agar bisa masak dalam tempo sesingkat-singkatnya. Beliau juga bukan tipe lelaki yang pilah-pilih dalam hal makanan. Yang paling ditekankan cuma satu, ga pake micin. Jadi, kalo masakan saya cuma berasa garam atau hambar sekalipun, itu lebih baik ketimbang harus pake M-I-C-I-N.

*** 

    Kembali ke sayaa...
    Saya sadar kalau saya ga bisa masak. Kesadaran itu memunculkan motivasi yang akhirnya menggerakkan saya untuk mau belajar.    
    Dan pernikahan bagi saya adalah pintu gerbang untuk lebih banyak belajar dalam segala hal, termasuk urusan masak-memasak.
    Saya ingat, waktu masih aktif di kampus dan bergelut dengan organisasi, saya jarang sekali diamanahkan menjadi panitia konsumsi. Di satu sisi saya beruntung karena hal itu menutupi ketidakbisaan saya mengurusi urusan kampung tengah orang banyak. Di sisi lain, saya jadi ga punya banyak pengalaman kan dibidang ini. Huhu #cry
    Pas liqo yang agendanya masak-masak, saya cuma di bagian bantu ngiris sayuran aja, dan paling nebelin muka adalah hanya bantu makan. Haha.. (Yang pernah seliqo sama saya bakalan ngangguk)
    Pengalaman pertama memasak untuk orang banyak adalah ketika KKN. Yah.. dan beruntungnya saya dapat teman-teman sekelompok yang cukup memaklumi kalau saya ga bisa masak. Tapi pas mereka ditanya apa masakan saya enak, mereka mengangguk. Ga tahu deh itu bener apa bohong :D

*** 

    Saya percaya, bahwa memasak bukanlah bakat tapi hasil dari latihan. Seperti kebanyakan bentuk keterampilan lainnya, memasak juga lahir dari ketekunan dalam mencoba.
    Ga ada kan, orang yang ujug-ujug lahir terus jago masak?
    Farah Quuin (tau kan siapa?), juga jadi chef kenamaan berkat ketekunannya dalam mencoba, dan akrab dengan yang namanya trial-error. Chef Juna (chef yang katanya paling tampan itu) juga dulunya tidak seperti yang sekarang kita kenal. Beliau jatuh bangun untuk menempa dirinya menjadi koki kenamaan seperti saat ini. 

*** 

    Saya emang ga bisa masak (pada awalnya), tapi saya ga anti dengan dunia masak-memasak. Saya suka nonton acara TV yang menyajikan hal-hal berbau masakan, kompetisi memasak, buka-buka resep, de es be. Yah, walaupun dengan demikian tidak akan membuat saya serta merta jadi jago masak, paling ngga ada usaha untuk sedikit mengetahui teknik-tekniknya dengan melihat orang lain memasak.
    Karena Terkadang ada orang yang ga bisa (dalam hal apapun) kemudian menutup dirinya dengan cara selalu bilang NGGA BISA dan dan parahnya lagi ga mau untuk mencoba memulai. Sifat seperti ini yang harus kita hindari, guys.... #sokakrab

*** 

    “Semua orang bisa memasak,” begitu kata juru masak asal Perancis bernama Auguste Gusteau di film Ratatouille. Film ini menjadi salah satu motivasi saya bahwa setiap orang bisa memasak, begitupun SAYA.

*** 

    Jadi, apa inti dari tulisan saya yang mungkin di rasa ga penting ini???

Untuk akhwat :
    Selagi masih sendiri, cobalah untuk belajar masak. Karena belajar hal-hal berbau kerumahtanggaan akan terasa lebih berat jika baru dimulai ketika sudah bergelar sebagai istri. Tapi motivasinya jangan melulu tentang dia, tapi tentu harus DIA. Karena apa? Karena jika kita memperbaiki diri -dari segi apapun- hanya karena dia (manusia), pada akhirnya nanti kita akan temui satu titik yang disebut dengan ke-ce-wa.

Untuk Ikhwan :
    Ga usah ngasih syarat di proposal antum kalo antum maunya calon istri yang bisa masak. Insyaallah, kalo si ukhti ngajinya rajin, motivasi ngaji dan nikahnya bener, bukan hasil dari bidikan antum melalui sosial media, bukan hasil polesan antum yang secara sembunyi-sembunyi menjalin kisah kasih dihari-hari sebelumnya, akan antum dapati ia yang faham apa tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai istri. Insyaallah...
    Lagi pula buat apa sih? Mencantumkan syarat harus bisa masak, harus bisa bersihin rumah, nyuci pakaian, nyetrika, dan sebagainya? Antum nyari istri apa nyari pembantu? -_-“ Tugas seorang istri hanyalah menyenangkan suaminya, dan si ukhti Insyaallah sudah cukup tahu diri apa yang harus ia lakukan setelahnya. Tentu, dengan arahan Robbani dari antum sebagai imamnya kelak. #sihha

Jadi intinya, Kak Rani udah bisa masak belom?
Insyaallah udah, asal bahan dan tata caranya ga ribet ^^ haha


To my dearest Husband :
Mau nulis kata-kata romantis, tapiii.. ah sudahlah :D





   
   
   




   

2 Responses to "Waktu mau nikah, kak Rani udah bisa masak?"

  1. Ehee😂😂 terimakasih kak udah sharw pengalamannya, opa juga gak pandai masak sampai kata nenek 'cemana nak belaki'

    BalasHapus
  2. sama-sama dek.. makasih juga ya udah mampir dan ninggalin jejak ^^ maaf kka baru bisa balas sekarang...
    hayoooo.. segera belajar masak :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel