Orang Tua

Pernah satu ketika, saya kesal dengan Mama. Saat Mas Haitsam sakit. Mama terus ngomel. Menyalahkan saya karena kasih makan ini itu yang akhirnya buat Mas Haitsam sakit. Saya sedih, karena apa yang mama lakukan toh tidak akan membuat Mas Haitsam membaik. Yang ada saya makin stress. Saat itu rasanya ingin teriak dan bilang ke mama, “Ma, cukup!” Tapi ngga mungkin. Ngga boleh kan teriak ke orang tua. Saya diam aja. Pengen nangis. Udah. Nangisnya ke dalam.
Sering kali perbedaan terjadi antara saya dan mama dalam sebutlah mendidik Mas Haitsam. Namanya juga nenek, bawaannya mau ngemanjain cucu. Nah ini tantangan kalo tinggal serumah sama nenek. Beda pola asuh. Terus gimana?

Pernah puncaknya saat saya benar-benar ngerasa kenapa siih Mama ngga bisa ngertiin saya? Kenapa Mama ngga kasih aja saya kebebasan untuk ngapain aja ke anak-anak. Apa-apa dikomentarin. Kalo saya salah,, dimarahin. Dikit-dikit, diomelin. Terus dalam hati teriak, “Kenapa dulu Rani ngga diajarin?”
Kenapa bisanya cuma disalah-salahin sekarang? Kenapa bisanya cuma dikomentarin sekarang?
Saat itu saya marah, tapi hanya mendam dalam hati. Sampai akhirnya saya bawa merenung. Di sanalah saya langsung dibuat nangis sejadi-jadinya.
Mama, mama juga ga pernah ada yang ngajarin. Mama dulu belajar sendiri. Hidup mama sejak dulu susah. Terpisah dari orang tua, di ajak pamannya ke Sumatera. Katanya mau disekolahin, tahunya dijadiin pembantu dirumahnya. Mama ga dikasih makan kalo ngga kerja. Benar-benar diperbudak. Sampai akhirnya mama beraniin kabur dengan temannya cuma modal pakaian yang sedang dipake. Singkat cerita, sampailah mama di Pekanbaru. Ketemu sama satu keluarga yang baik, menampung mama di rumah mereka. Meskipun di sana mama kerja, tapi mama diperlakukan amat sangat baik. Salah seorang anak dari keluarga inilah yang nyomblangin mama ke papa.
Akhirnya mereka nikah.
Mama juga ga pernah ada yang ngajarin. Mama belajar otodidak. Mama jauh dari orang tua. Puluhan tahun yang lalu tentu ga kaya sekarang. Sejauh apapun jaraknya akan terasa dekat dengan media sosial. Tapi dulu?
Saat itu saya sadar saya egois. Omelan mama itu ga sebanding dengan penderitaan mama ngebesarin kami anak-anaknya. Kalo diceritain semuanya, saya yakin bisa jadi novel. Harusnya saya bersyukur, banyak-banyak terimakasih ke mama. Karena mama dulu ngga ngebebanin saya dengan kerjaan rumah, akhirnya saya bisa ekplorasi diri di passion saya. Minat bakat saya. Meskipun untuk urusan rumah saya jadinya tertatih-tatih, tapi nasib saya masih lebih beruntung dari mama. Saya bisa begini karena sentuhan kasih sayang tangan mama. Dan kenapa saya egois hanya yang diingat hanyalah omelan mama saja?
Ngga lama setelah perenungan itu, saya ajak mama duduk. Saya pegang tangan mama. Menikmati tiap gurat di tangannya. Urat-urat nadinya yang kian jelas, keriput kulitnya, semua saya renungkan. Tangan inilah yang sudah berjasa membesarkan saya. Saat itu, untuk kesekian kalinya, saya minta maaf ke mama. Mengakui setiap kesalahan yang saya buat. Mencurahkan segala rasa yag ada di hati. Lagi-lagi, kami menangis bersama. Terisak. Berpelukan. Memaafkan.

***

Saya teringat potongan ceramah Babe Haikal. Beliau ga ridho kalo peserta kajiannya, jadi sombong ke orang tua. Bilang orang tua itu ngga ngerti agama, ngga ngerti ilmu-ilmu baru, ketinggalan zaman, dan sebagainya. Pokoknya ngerasa lebih baik dari orang tua.
“Orang tua saya belum hijrah. Ngga ngerti agama.”
Dan akhirnya kalimat itu jadi pembenaran untuk ngerasa lebih baik gitu dari orang tua??
SOMBONG!!!
Sehebat apapun kita, secerdas apapapun, setinggi apapun jabatan kita, segemilang apapun prestasi kita, sebanyak apapun uang yang BISA KITA KASIH KE ORANG TUA, tapi kalo semua itu membuat kita ngerasa lebih tinggi dari orang tua, HATI-HATI, ALLAH GA RIDHO!!!
Ya Allah,
Surga itu masih jauh. Belum bisa kami balas segala pengorbanan mereka. Mampukan kami Ya Robb, membanggakan mereka dunia akhirat. Menjadi penyenang hati mereka, menjadi pelapang dada mereka, menjadi wasilah kebaikan untuk mereka, kelak bisa memberikan mahkota dari cahaya untuk mereka.
Aamiin Yaa Robb...
***
Tulisan ini sangat tidak berestetika. Tapi semoga bisa diambil baiknya, dan buang buruknya.


#rumbelmenulis_iip_pekanbaru
#tantanganmenulis_februari
#day7
#seharisatutulisan
#kelasliterasiibuprofesional
#February
#day8


0 Response to "Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel